Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pertahanan Indonesia dan Spanyol sepakat meningkatkan kerja sama bidang pertahanan. Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, dan Menteri Pertahanan Spanyol, Pedro Morenes Eulate, melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta untuk membahas peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara pada Rabu.

“Kami setuju untuk memperkuat kerja sama. MoU mencakup atensi kedua negara untuk memfasilitasi peningkatan kerja sama yang telah dibangun sejak 2007,” kata Purnomo.

Dia menjelaskan, kerja sama antara lain meliputi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan penggunaan sistem dan perangkat militer.

Menurut Purnomo, kedua negara juga siap memfasilitasi peningkatan hubungan dengan kawasan Asia Pasifik.

Selama ini, dia mengatakan, hubungan Indonesia dan Spanyol khususnya terjalin di bidang industri pesawat terbang, dalam produksi pesawat jenis Cassa untuk keperluan sipil dan militer.

Kerja sama antara kedua negara selanjutnya diharapkan meluas ke bidang industri perkapalan. “Kami ingin mengintensifkan (kerja sama) bidang industri perkapalan Spanyol, Navantia untuk kerja sama dengam perusahaan kapal Indonesia,” katanya.

Sumber: Antara