JAKARTA–Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro menyematkan bintang kehormatan Yudha Dharma Utama kepada Panglima Angkatan Bersenjata Filipina, Jenderal Jessie D Dellosa di kantor Kementerian Pertahanan, Kamis (10/1).

Penghargaan itu diberikan sebagai penghormatan atas peran Jessie yang intens dalam menjalin hubungan kerjasama bidang pertahanan dengan Indonesia. “Ini penghargaan tertinggi yang hanya diberikan kepada Presiden, Menhan, dan Panglima TNI negara yang menjalin persahabatan dengan Indonesia,” kata Purnomo.

Purnomo mengatakan, di bawah komandi Jessie, jalinan kerjasama militer Indonesia dan Filipina berlangsung intensif setiap tahunnya, khususnya patroli perbatasan. Menurutnya, perbatasan Filipina selatan dan Sulawesi membutuhkan perhatian khusus lantaran menjadi tempat lalu lintas aktivitas ancaman terhadap negara.

Daerah Filipina selatan, kata Purnomo, hingga kini terus bergolak dan sebagian besar di antaranya memilih jalur Poso sebagai tempat melarikan diri. “Jasa beliau dalam menjalin komunikasi bersama di kawasan Mindanao Selatan dan Poso patut diapresiasi. Kami berkoordinasi menjaga perbatasan masing-masing dari kegiatan ilegal,”katanya.

Sumber: