JAKARTA — Kementerian Pertahanan (Kemenhan) segera membangun kantor pertahanan wilayah atau desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (PPKP) di setiap provinsi di Indonesia.

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro mengatakan, dua program kelembagaan yang utama selain membangun kantor di daerah, juga menguatkan posisi Universitas Pertahanan (Unhan).

“Unhan kita ingin menjadi central excellent,” kata Purnomo di kantor Kemenhan, Rabu (9/1). “Kemudian desk pengendali kantor pertahanan di daerah ada organisasi yang terus kita buat agar lebih efektif dan efisien.”

Menurut dia, keberadaan PPKP di daerah disesuaikan dengan situasi terkini yang terjadi di masyarakat. Tujuannya untuk penguatan nilai wawasan kebangsaan, semangat bela negara, dan nasionalisme.

“Produk kebijakan strategis terutama mengamati dinamika yang terjadi baik global dan internasional, regional maupun internasional, kaitannya dengan penyesuaian kita terhadap produk-produk strategis kita untuk pembangunan kekuatan kita,” kata Purnomo.

Sumber: