Universitas Pertahanan (Unhan) akan diposisikan oleh Kementerian Pertahanan sebagai lembaga yang menjadi pusat koordinasi pertahanan nasional. Sehingga, sesuai kebijakan pertahanan tahun 3013, dengan pemposisian Unhan tadi maka itu memungkinkan adanya kantor perwakilan kementerian pertahanan di daerah.

“Kami ingin Unhan menjadi center of excelent, kemudian menjadi pengendali kantor pertahanan di daerah,” jelas Menteri Pertahanhan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro kepada wartawan, di Aula Bhineka, Kemhan, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).
Berkenaan dengan upaya pengoptimalisasian, Kementerian Pertahanan (Kemhan) juga akan membentuk beberapa organisasi dalam menjalankan fungsi pertahanan.

“Akan ada organisasi, yang kita buat lebih efektif dan efisien,” ungkap mantan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) ini.

Sesuai kebijakan pertahanan 2013, Kemhan juga akan menggabungkan segera aspek militer dengan nirmiliter sebagai upaya optimalisasi kinerja baik kemhan maupun TNI.

“Dalam kebijakan tersebut kita mengusung optimalisasi Kemhan, melalui sinergisitas fostur pertahanan baik militer dan nir-militer,” ujar Purnomo, yang juga mantan Menteri Enerji dan Sumber Daya Mineral.

Sumber: Actual.co