TNI AU tahun 2012-2014, akan menambah alat utama sistem senjata yang cukup signifikan. Sekitar 102 pesawat baru yang terdiri atas F-16, T-50, Sukhoi, Super Tucano, CN-295, Hercules, Helikopter Cougar, Grob, KT-1, Boeing 737-500 maupun Radar akan segera memperkuat TNI Angkatan Udara.

“Kebijakan pengembangan kekuatan TNI AU tetap mengacu pada rencana pengembangan yang telah dituangkan dalam rencana strategis TNI AU tahun 2010-2014,” ujar Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Madya TNI I.B. Putu Dunia, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Korps Pasukan Khas Marsekal Muda TNI Amarullah pada Apel Khusus menyambut Tahun Baru 2013, di Lapangan Merah Markas Komando Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung, Rabu (2/1/2013).

Menurut Kasau, kebijakan pengembangan tetap memperhatikan dinamika yang terjadi dilapangan khususnya kemungkinan ancaman dan kontijensi yang muncul akibat situasi politik dan keamanan internasional yang makin intens akibat fenomena global dan adanya rehabilitas akibat bencana alam, kebijakan operasi militer pengamanan perbatasan dan daerah rawan serta pengamanan pulau-pulau terdepan.

Kasau mengingatkan, Agar dapat melaksanakan tugas sebagaimana  diamanatkan dalam UU RI Nomor : 34 tahun 2004 tentang TNI, maka kebijakan yang ditempuh TNI Angkatan Udara yakni “Minimum Essensial Force” yang merupakan jawaban tepat untuk dilaksanakan.

“Kita berharap, dan bertujuan agar melalui pelaksaan renstra 5 tahunan,  pertumbuhan dan perkembangan TNI Angkatan Udara kedepan secara bertahap mampu mewujudkan impian tersebut,” imbuhnya.

Kasau mengharapkan, Kondisi obyektif perkembangan situasi yang dinamis dan kontijensi, seluruh satuan dalam jajaran TNI AU harus memiliki kualitas profesionalisme yang tinggi, terlatih, terarah dan terukur, sehingga memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam misi operasi baik Operasi Militer untuk perang maupun operasi militer selain perang.

Untuk itu, lanjutnya, upaya meningkatkan profesionalisme harus terus dilakukan baik melalui pendidikan maupun melalui latihan-latihan yang dilaksanakan secara berjenjang, bertahap, bertingkat dan berlanjut mulai latihan perorangan, latihan satuan dan antar satuan.

Kasau berpesan, keberhasilan pelaksanaan tugas Angkatan Udara tidak hanya ditentukan oleh kualitas dan kuantitas alat utama yang kita miliki, akan tetapi yang lebih menentukan adalah kemantapan jati diri dan loyalitas dari segenap prajurit serta kesadaran akan tanggungjawab yang mendalam terhadap tugas-tugas yang dihadapi.

“Kondisi dan kekuatan mental inilah yang harus selalu kita mantapkan dan tingkatkan dari waktu kewaktu, seiring dengan peningkatan profesionalitas sumber daya manusia Angkatan Udara,” kata Kasau.

Kasau menekankan, pada Tahun 2012 zero accident belum berhasil kita wujudkan. Hal ini perlu upaya lebih keras lagi, bukan saja dari para pelaksana di lapangan, melainkan juga dari pimpinan sebagai penentu kebijakan organisasi, perencana kegiatan, pengambil keputusan, unsur pengadaan marteriil, pelayanan personel, pemeliharaan dan pendukung lainnya.

“Upaya pembenahan dan penyempurnaan di segala bidang harus terus dilanjutkan sejalan dengan dinamika dan pemantapan satuan, sehingga output akhir dalam peningkatan kemampuan dan kesiapan operasional dapat benar-benar dicapai dan diwujudkan,” Kasau mengingatkan.

Jika melihat hasil yang kita capai selama tahun 2012 lalu, Kasau berharap, tidak perlu berkecil hati, oleh karena apa yang telah dilakukan pada hakikatnya merupakan hasil optimal dari kondisi nasional yang kita hadapi saat itu.

“Semua itu tentunya dapat kita capai berkat dedikasi, kerja keras serta disiplin yang telah ditunjukkan oleh segenap anggota dalam melaksanakan tugasnya,” tuturnya.

Di sisi lain, tambahnya, TNI AU harus berani mengakui bahwa masih banyak kekurangan – kekurangan yang perlu terus kita benahi dan disempurnakan.

Kedepan tuntutan pembenahan semakin mendesak saat TNI AU harus mempertahankan tingkat kesiapan operasional, yang dicapai dengan kerja keras dan kerja cerdas, disertai semangat dan dedikasi yang tinggi.

Sumber:Pelitaonline