KEPALA Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara militer peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) di Lapangan Upacara Seskoal, Bumi CIpulir, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2012).

Peringatan HUT Emas Seskoal kali ini mengambil tema “HUT ke-50 Seskoal sebagai Momentum Transformasi Menuju Lembaga Pendidikan dan Pengkajian Kemaritiman yang Berkualitas dan Modern”

Dalam amanatnya, Kasal mengatakan, pembentukan Seskoal merupakan konsep pemikiran strategis dari para sesepuh TNI AL, yang terwujud oleh dorongan kuat dan tanggung jawab moral, dalam rangka menyiapkan kader generasi Pemimpin TNI/TNI AL masa depan yang handal.

“Disamping itu memiliki kemampuan dan kompetensi perwira profesional, serta landasan kepemimpinan yang kuat untuk mengawaki organisasi TNI AL,” ujar Kasal.

Kasal menerangkan, Seskoal mengemban dua dimensi peran yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, antara lain sebagai lembaga pendidikan dan lembaga pengkajian.

“Sebagai Lembaga Pendidikan, Seskoal bertugas menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AL yang hasil didiknya diarahkan utnuk mengembangkan sejumlah ide atau pemikiran konsetual strategis, terutama dalam bidang pertahanan Matra Laut,” kata Kasal,

Sedangkan sebagai Lembaga Pengkajian, Kasal menambahkan, Seskoal bertugas menyelengarakan pengkajian dan pengembangan masalah-masalah yang berkaitan dengan doktrin, kebijakan, strategi dan sejarah keangkatanlautan serta menjalin kerja sama nasional dan internasional dalam melaksanakan penelitian tentang hal-hal yang berhubungan dengan isu-isu kemaritiman, melalui satu badan yang baru dibentuk di Seskoal yaitu Pusjianmar.

Pada kesempatan ini Kasal Laksamana TNI Soeparno berkesempatan untuk menyematkan tanda kehormatan kepada Kolonel Laut (P) Amarulah Oktavian, Kapten Laut (KH) Arief K. Yuliar dan PNS Ni Ketut Sudiasih berupa Satya Lencana Dwijasistha.

Hadir pada peringatan HUT ke-50 Seskoal, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. Para mantan Kasal, Wakasal Laksaman Madya (Lakdya) TNI Marsetio, M.M., Kalakhar Bakorkamla Laksdya TNI Bambang Suwarto serta sejumlah pejabat teras Markas Besar Angkatan Laut dan para Pimpinan Komando Utama TNI AL.