Empat kapal Fregat kebanggaan TNI AL jenis Van Speijk tengah sandar di Dermaga Madura Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya, Senin (26/11), usai melakukan Sailling Passdi Perairan Alur Barat Surabaya beberapa waktu lalu.  Rencananya, kegiatan serupa akan kembali dilaksanakan pada 5 Desember mendatang.

Kapal-kapal buatan Belanda tersebut, merupakan empat kapal diantara 51 kapal perang yang disiapkan TNI AL untuk Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya ke-27 di Kaimana dan Iruwa, Papua. Sementara untuk personel, latihan perang yang bersandi ”Armada Jaya” itu melibatkan 10.147 prajurit TNI AL.

Sebenarnya, latihan yang akan digelar secara besar-besaran tersebut dimulai pada 12 Nopember lalu, namun ditunda karena ada berbagai kegiatan yang perlu disiapkan, seperti Hari Armada, 5 Desember mendatang.

Rencananya, latihan itu akan melibatkan lima pesawat Casa, dua Nomad, lima helikopter, 18 sekoci, empat hovercraft, 32 tank amphibi, 25 truck serta berbagai senjata strategis lain yang dimiliki TNI AL. Selain itu, akan melibatkan juga empat pesawat tempur Sukhoi TNI AU.

Berbagai senjata strategis kapal perang akan diujicobakan juga, seperti rudal exocet MM-38, rudal strela, meriam 120 mm, 57 mm, 40 mm, torpedo sut, bom laut, senjata RBU, dan senjata multi grad 40 laras dan senjata howitzer 120.

Latihan puncak yang dipimpin Pangarmatim Laksda TNI Adi Prabawa sebagai Direktur Latihan (Dirlat) akan menjalani beberapa serial latihan, antara lain anti ranjau, anti kapal selam, anti kapal permukaan, anti serangan udara, bantuan tembakan kapal, terjun tempur, infiltrasi Pasukan Katak dan Intai Amfibi Marinir (Taifib).

Sumber: www.tni.mil.id