Untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut terjadi di Jakarta, Kodam Jaya telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut lebih besar dengan cara membersihkan berbagai aliran sungai yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Upaya Kodam Jaya tersebut dengan menyelenggarakan karya bakti yang dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial Kasdam Jaya Kolonel Kav Andi Darmawangsa serta Walikota Jakarta Pusat Saefulloh dan Wakil Walikota Jakarta Selatan. Karya bakti ini dilaksanakan secara serempak diseluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk fokus utama yang dibersihkan adalah pintu air Manggarai yang terletak di perbatasan antara Jakarta Pusat, Selatan, dan Timur, dengan mengerahkan sekitar 1.000 personel yang terdiri dari prajurit Kodam Jaya dari satuan Yonarhanudse-10, Kodim 0501/Jakarta Pusat, Kodim 0504/Jakarta Selatan, personel Pemkot Jakarta Pusat dan Selatan serta dari dinas kebersihan Pemprov DKI Jakarta juga melibatkan Ormas serta para pelajar SLTA yang berada di wilayah tersebut.

Aster Kasdam Jaya menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI umumnya dan khususnya Kodam Jaya dalam mengantisipasi bencana banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta. Bencana banjir ini sepertinya sudah hal biasa terjadi di Jakarta, tetapi kita tidak mau hal tersebut sudah biasa kita harus bisa menghilangkan kebiasaan yang sangat merugikan warga masyarakat semuanya. Oleh sebab itu Kodam Jaya berusaha sekuat mungkin untuk selalu berperan aktif mengatasi bencana banjir ini.

Aster Kasdam Jaya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang bertempat tinggal di bantaran sungai/kali harus selalu memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai/kali yang dapat menghambat lajunya aliran air di sungai/kali tersebut. Hendaknya masyarakat selalu berbuat untuk menjaga kualitas sungai/kali dengan berupaya selalu menjaga kebersihan dan keindahan sungai tersebut karena sungai/kali sangat dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat.

Sumber: www.tni.mil.id