NILAH.COM, Jakarta – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyelengarakan Forum Diskusi Group (FDG), di Balai Kartini, Senin (19/11/2012) petang. FDG bertajuk ‘Peran Generasi Muda dalam Rangka Membangun Konsensus Nasional Pemuda Indonesia Guna Memupuk Wawasan Kebangsaan’, tersebut dihadiri beberapa nara sumber. Di antaranya Gubernur Lemhanas RI Professor Budi Susilo Soepandji, Dewi Aryani Anggota DPR RI dari fraksi PDIP, Ketua Umum KNPI Taufan Eko Nugroho Rotorasiko, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Wijonarko serta pejabat tinggi lainnya.

Dalam diskusi, Gubernur Lemhanas sempat menyampaikan apresiasinya dengan KNPI. Menurutnya, di tengah sukarnya wawasan kebangsaan generasi muda, kegiatan FGD KNPI memiliki arti penting dan startegis bagi Kalangan muda.

“Karena itu, melalui forum ini saya berharap kalangan pemuda mampu merumuskan konsensus nasional pemuda indonesia terkait penguatan wawasan kebangsaan generasi muda,” kata Prof Budi, Senin malam.

Dewi Aryani berharap KNPI sebagai organisasi kepemudaan harus dapat menjadi jembatan transisi dan transformasi pembangunan spirit kabangsaan guna menumbuhkan jiwa dan roh nasionalisme yang menjadi podasi dalam menjalankan segala bentuk aktivitas bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Agar perilaku koruptif yang tengah melanda bangsa Indonesia dapat dicegah dengan wawasan baik para pemuda.

“70 persen warga negara indonesia adalah pemuda, karenanya perubahan bangsa ini amat tergantung Pemuda dalam segala bidang. Namun yang terpenting adalah bagaimana pemuda dapat mengambil peran serta sebagai agen dan laboratorium tokoh –tokoh pemimpin bangsa,” ujarnya.

Menaggapi hal itu, Ketua KNPI Taufan menyambut baik saran dan pendapat para narasumber tersebut.

Dalam kesempatan sama, kata Taufan, Keutuhan NKRI harus tetap dipertahankan. Dijelaskannya agar dapat mencegah terjadinya disintegrasi dan separatisme.

Sumber: Inilah.com