JAKARTA, Jaringnews.com – Ketua DPR Marzuki Alie membuka masa sidang kedua tahun persidangan 2012/2013 dalam rapat paripurna DPR yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/11) hari ini. Dalam pidatonya, Marzuki mengatakan, dalam menjalankan fungsi legislasi, DPR pada masa sidang sebelumnya telah mengesahkan lima RUU prioritas dan tujuh RUU kumulatif terbuka.

Terkait pembahasan RUU Keamanan Nasional (Kamnas), Marzuki mengatakan, draf RUU tersebut tengah didalami oleh Pansus DPR, setelah mendapatkan penjelasan dari pemerintah terkait poin-poin krusial yang ada. Dia berharap, RUU Kamnas bisa menjadi UU yang tetap mengedepankan supremasi sipil, mengakomodasi semangat reformasi dan menegakkan nilai-nilai demokrasi, hukum dan HAM yang selama ini diperjuangkan bersama, serta tidak tumpang tindih dengan UU yang ada sebelumnya.

Sedangkan beberapa RUU diantaranya RUU tentang Lembaga Keuangan Mikro, RUU tentang Organisasi Kemasyarakatan, RUU tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pembalakan Liar, serta RUU tentang Pendidikan Kedokteran seharusnya dapat memasuki pembicaraan tingkat II, namun hingga saat ini belum dapat dituntaskan meski sudah melalui tahapan tim perumus dan tim sinkronisasi.

Rapat paripurna ini dihadiri 334 dari 560 jumlah seluruh anggota dewan.

Sumber: jaringnews.com