JAKARTA – Kehadiran Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) diharapkan bisa mendorong pembangunan di daerah perbatasan lebih optimal dan terarah. Salah satu fungsi utama BNPP adalah mengoordinasikan program-program pembangunan di perbatasan sehingga lebih fokus dan terarah.

Namun, hingga sekarang, koordinasi belum maksimal. Demikian dikatakan Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara BNPP, Soni Sumarsono, di Jakarta, Senin (5/11). Menurut Sumarsono, koordinasi adalah bagian penting dalam memaksimalkan pembangunan di perbatasan.

Namun, ego sektoral di antara kementerian dan lembaga negara terkait perbatasan masih belum hilang. “Overlapping masih ada. Ada institusi yang belum sepenuhnya menerima kehadiran BNPP. Tapi ada yang sudah terima, ada yang masih gantung,” kata Sumarsono.

Dia mengakui overlapping tugas itulah yang saat ini masih jadi kendala memaksimalkan kerja BNPP dalam mengelola perbatasan. Karena itu, dia berharap Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kewenangan BNPP segera dituntaskan. “RPP Kewenangan belum tuntas,” kata Sumarsono.

Sumber: Koran Jakarta