Metrotvnews.com, London: Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Pertahan Inggris Philip Hammond menandatangani nota kesepahaman di bidang pertahanan. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Kediaman PM Inggirs, Downing Street nomor 10, London, Inggris, Kamis (1/11) siang waktu setempat.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron dan juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam rilis yang diberikan kepada wartawan, nota kesepahaman tersebut merupakan ‘payung’ yang dibutuhkan dalam meningkatkan kerjasama pertahanan.

“Nota kesepahaman ini jelas-jelas merupakan sinyal dari semangat dan keinginan kedua belah pihak untuk mengembangkan kerjasama antara Inggris dan Indonesia di masa depan,” kata rilis tersebut.

Kerjasama Indonesia-Inggris telah dimulai sejak 1997 saat keduanya berjanji untuk mempererat kerjasama. Kunjungan Perdana Menteri Inggris Tony Blair ke Indonesia pada 2006 semakin memperkokoh kerjasama dengan menerbitkan peryataan bersama dengan tema ‘Inggris-Indonesia: Menuju Kemitraan Modern dan Dinamis’.

Sejak saat itu, hubungan antara Inggris-Indonesia telah memasuki kerjasama ‘high profile’, terutama untuk kerjasama keamanan dan pertahanan modern guna menghadapi tantangan-tantangan kontemporer.

Pada 2007, Inggris menempatkan Indonesia sebagai prioritas pertama dalam politik luar negerinya, terutama kerjasama bidang pertahanan dengan negara ASEAN. Sejak saat itu, beberapa kerjasama pertahanan diintensifkan termasuk di area pendidikan dan pelatihan. (Ant/Wrt3)

Sumber: Antara/Metrotv